Monday, November 11, 2019

Mainan Diecast Truck Model Caterpillar 725




Mainan mobil-mobilan truk Caterpillar tipe 725 Articulated Dump Truck, buatan Norscot scale models, kode produk 55073, skala 1:50.

Articulated dump truck atau disebut juga articulated truck, articulated hauler. articulated haul truck. Produsennya antara lain adalah: Caterpillar, Terex, John Deere / Bell Equipment, Moxy / Doosan, Volvo CE, dan Komatsu Limited. Volvo adalah pemimpin pasar di segmen ini dengan sekitar setengah pangsa global, dan juga merupakan pelopor utama truk ini, pertama kali dikenalkan ke pasar pada tahun 1966. Sebagaimana dikutip dari Wikipedia.

Video YouTube berikut memperlihatkan unboxing dari diecast truck Cat 725.



Articulated dump truck mempunyai dua bagian yaitu bagian depan sebagai tractor dan bagian belakang sebagai trailer.



Di antara tractor dengan trailer terdapat engsel agar truk bisa berbelok, roda depannya sendiri tidak bisa berbelok

Video YouTube lainnya.




Juga terdapat sumbu sehingga memungkinkan bodi bisa terpuntir, agar truk bisa mengikuti kontur permukaan jalan yang tidak rata. Maka disebut sebagai articulated truck, mungkin bisa diartikan sebagai truk yang bisa patah pinggang

Suspensi belakang dari truk die-cast ini bisa bergerak seperti  truk aslinya



Dengan adanya sumbu antara tractor dan trailer, juga dibantu dengan suspensi, maka truk bisa dengan mudah mengikuti kontur permukaan jalan yang tidak rata.

Bak truk atau dump body pada model die-cast ini bisa digerakkan untuk buang muatan atau dump



Foto di atas memperlihatkan posisi jungkit maximum dari mainan diecast truck ini.

Kelebihan daripada articulated dump truck adalah ke enam rodanya dapat diputar oleh engine. Disebut juga berpenggerak enam roda atau 6x6, sehingga dengan mudah bisa berjalan di jalan licin, berlumpur, dan berpasir.

Ukuran bannya besar dan lebar. Biasanya dari tipe ban radial, bukan tipe bias seperti pada truk biasa. Sehingga ban menapak lebih baik.

Karena ukuran roda yang besar dan lebar tersebut, maka ruang roda di bawah spakbor menjadi sempit sehingga roda depan tidak bisa berbelok. Itulah sebabnya truk ini berbelok dengan cara articulate atau patah pinggang.

Radius putar atau turning radius lebih kecil dari truk rigid biasa, sehingga truk ini bisa beroperasi di medan yang sempit.

Kelemahan dari truk ini adalah harga yang mahal dan biaya perawatan yang mahal, karena sistem hidraulik dan sistem transmisi daya yang lebih rumit.

Karena mobil-mobilan truk ini cukup rumit dan detail seperti sungguhan, maka truk mainan ini menjadi mainan mahal.







No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site