Tuesday, March 19, 2019

MRT Jakarta Indahnya Pemandangan Di Flyover



Video YouTube berikut ini merekam cantiknya pemandangan Jakarta saat uji coba publik Mass Rapid Transit (MRT) atau disebut juga Moda Raya Terpadu.


Pada fase pertama ini rute MRT yang sudah beroperasi adalah dari Lebak Bulus menuju Bunderan Hotel Indonesia dan sebaliknya, sebagaimana gambar di bawah.



Jalur bawah tanah (subway) tergambar dengan warna merah, tentu saja tidak banyak pemandangan di situ, hanya pemandangan di dalam setiap stasiun. Stasiunnya: Bunderan Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan.

Jalur layang (flyover) ditandai dengan warna biru. Di jalur ini banyak pemandangan cantik yang layak direkam. Stasiunnya: Sisingamangaraja, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, Lebak Bulus.

Saya naik dari stasiun Bendungan Hilir dan turun di Bunderan Hotel Indonesia. Dari Bunderan HI naik lagi menuju Lebak Bulus, ini adalah jarak terjauh dan ditempuh sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 15 kilometer. Dari Lebak Bulus naik lagi menuju ke Sisingamangaraja.

Sebagaimana dikutip dari jakartamrt,  gerbong atau kereta dengan istilah perkeretaapiannya disebut rolling stock, memiliki dimensi panjang 20 meter, lebar 2,9 meter, dan tinggi 3,9 meter. Dengan warna dominan biru dan abu-abu metalik, gerbong terbuat dari bahan baja antikarat (stainless steel) dengan berat kosong per satu kereta mencapai 31 hingga 35 ton, dibuat oleh Nippon Sharyo, Jepang

Bagian dalam kereta terlihat pada foto di bawah. Kereta memiliki kapasitas angkut maksimum 332 orang. Di fase 1, PT MRT Jakarta menyediakan 16 rangkaian kereta. Satu rangkaian terdiri dari enam kereta, maka kapasitas angkut satu rangkaian mencapai 1.950 orang.


Estimasi akan dapat mengangkut lebih dari 174 ribu orang per harinya. Headway atau rentang waktu antarkereta lima menit pada jam sibuk, dan sekitar sepuluh menit di luar jam sibuk.

Foto berikut saat kereta berada di atas jalan TB. Simatupang menuju stasiun Fatmawati dari arah Blok M. Di bawah stasiun Fatmawati terletak kantor BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Jamsostek) Cilandak, beralamat: Jl. R.A.Kartini No.18. Mulai tahun 2018 cara klaim bpjs ketenagakerjaan online, baru kemudian karyawan mendatangi kantor BPJS sesuai jadwal antrian yang didapat secara online tersebut untuk melengkapi dokumen. Dengan adanya MRT maka akan lebih mudah untuk datang ke kantor BPJS.



Foto di bawah adalah pemandangan suasana tempat parkir kereta atau depo di Lebak Bulus. Stasiun Lebak Bulus dekat dengan Transmart Lebak Bulus (Carrefour), dan hotel Grand Mercure Simatupang (Mercure Lebak Bulus).



Pada saat uji coba publik, ticket MRT dapat dibeli di Bukalapak.com, dan harganya gratis. Foto berikut terlihat tanda pada penumpang saat uji coba publik.



Jika sudah beroperasi ticket dapat dibeli di Loket (Ticket Office) dan di Mesin Ticket Otomatis (Ticket Vending Machine) sebagaimana foto di bawah.



Baca juga bus Cinere Bellevue ke bandara Soekarno Hatta (Soetta), lewat: Pangkalan Jati, Pondok Labu, One Bellpark, Fatmawati, Jakarta Outer Ring Road (JORR).


Foto di bawah tampak Transjakarta rute 1E Pondok Labu - Blok M sedang parkir di taman DDN (Departemen Dalam Negeri) Pondok Labu.


Bus TransJakarta Blok M-Ciledug koridor 13 melalui jalan layang khusus bus TransJakarta.




No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site