Tuesday, December 26, 2017

TransJakarta Rute Blok M - Pondok Labu



Notifikasi: per Maret 2018 rute ini tidak lagi mencapai UPN, tapi sampai pasar Pondok Labu saja, lalu kembali ke Blok M.

Selasa sore 26-Desember-2017 saya mencoba rute baru TransJakarta yakni rute 1E, dari Pondok Labu menuju Blok M. Rute ini mulai dicoba sejak Jumat 22-Desember-2017. Bus ini mangkal di jalan Jati Raya Timur, tepatnya di seberang pertigaan dengan jalan Damar Laut. Saya naik dari jalan Jati Raya Timur busnya kosong dan baru saja berjalan. Cuma ada supir dan kondektur wanita.berhijab, beliau adalah mahasiswi yang bekerja sambilan. Bus ini berangkat setiap 20 menit walaupun kosong.

Baca juga bus bandara Soekarno Hatta Cengkareng ke Cinere via jalan Fatmawati. Bus yang dioperasikan Hiba Utama ini ditandai dengan tulisan CINERE di kaca samping kiri sebagaimana foto di bawah, sehingga mudah dilihat saat antri di bandara Soetta (CGK). Click for English version.



Foto di bawah saat bus mangkal di jalan Jati Raya Timur, tembok di sebelah kiri adalah pembatas lapangan golf Pangkalan Jati, sedangkan jalan Damar Laut di sebelah kanan dan tidak terlihat di foto. Jalan Jati Raya Timur terbelah dua oleh jalur hijau yang tampak rimbun dengan pohon-pohon besar. Jika bus berjalan sekitar 550 meter ke depan dan berbelok ke kanan mengikuti jalan Jati Raya Timur, maka akan sampai di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Pondok Labu.



Di dekat Al-Izhar Pondok Labu naik seorang penumpang pria setengah baya. Jadi kami hanya berempat dalam bus ini termasuk para petugas. Sesampai di depan jalan Haji Nawi di seberang ITC Fatmawati naik 9 orang. Sehingga total ada 11 penumpang, dan semuanya termasuk saya kemudian turun di Blok M. Ongkosnya Rp 3.500 masih bisa dibayar cash, tapi sebaiknya pakai kartu.


Bus Udara Transportasi Masa Depan saran solusi transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tanggerang, yang cepat, bebas macet dan banjir. Helikopter Mil Mi 26 daya angkut 90 penumpang membuat ongkos ticketnya jadi terjangkau. Harga sewa per jam dibagi jumlah penumpang per jam maka didapat estimasi ticket Rp 200.000 Bogor-Jakarta, Rp 100.000 Depok-Jakarta.


Jam menunjukkan pukul 16:35 saat saya naik ke bus di jalan Jati Raya Timur, dan saat saya turun di terminal Blok M jam menunjukkan pukul 17:19. Jadi perjalanan sekitar 44 menit dari Pondok Labu menuju Blok M. Bus memang berjalan perlahan walau jalan tidak macet, mungkin karena masih kosong. Suasana jalan ramai lancar berhubung hari itu masih banyak orang yang libur. Foto di bawah memperlihatkan bus saat tiba di terminal Blok M.


Di terminal Blok M rute 1E ini bergabung satu jalur dengan TransJakarta rute Ciledug, Tendean, Manggarai yang mana banyak penumpangnya. Karena satu jalur maka mudah transit ke rute-rute tersebut dan tidak perlu bayar lagi.

Baca juga rute Blok M - Ciledug koridor 13 melewati jalan layang khusus TransJakarta (Elevated Bus Rapid Transit) sehingga sangat cepat karena bebas macet. Kendaraan lain tidak boleh lewat di jalan layang ini.

Jadwal pagi dimulai jam 5 dan di malam hari bus terakhir berangkat jam 22 dari Pondok Labu, sedangkan yang terakhir dari Blok M berangkat jam 21.

Jumlah kursi 10 di sebelah kiri menghadap kanan, 5 di belakang menghadap depan, dan 3 + 3 di sebelah kanan menghadap kiri, total ada 21 kursi. Seperti terlihat di foto di bawah.



Dari Blok M ke Pondok Labu saya naik Metro Mini 610 untuk membandingkan waktu tempuh. Metro Mini yang saya naiki kebetulan sudah cukup penuh, hampir semua kursi di kiri dan kanan terisi penumpang berjumlah sekitar 13 orang. Hanya menunggu sekitar 3 menit lalu bus berangkat pada pukul 17:50. Metro Mini tiba di Pondok Labu sekitar jam 18:35, atau sekitar 45 menit perjalanan. Jadi lebih kurang sama dengan waktu tempuh dengan Transjakarta. Tapi tentu saja Transjakarta jauh lebih nyaman karena berpendingin udara dan bersih.

Peta rute dapat di lihat di bawah sebagaimana diunduh dari Facebook Forum Diskusi Transportasi Jakarta.


Peta juga dapat dilihat di situs TransJakarta.co.id. Secara umum bus ini mengikuti jalan Pondok Labu Raya, jalan Rumah Sakit Fatmawati dan jalan Panglima Polim Raya.

Foto di bawah adalah tanda terima setelah bus saya bayar tunai.



13 comments:

  1. terima kasih Mas Heru, sangat informatif

    ReplyDelete
  2. kalau trans jakarta yg rute blok m pondok labu lewat fatmawati, boleh naik dan turunnya dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ini belum ada halte khusus, boleh naik ditempat aman dan tidak menggangu lalu-lintas, dan tidak dekat sesama angkutan lain bertrayek serupa. Untuk tempat turun akan dipandu oleh awak bus.

      Delete
    2. Sudah banyak rambu-rambu bus stop dipasang, ada tulisan Bus Pengumpan Transjakarta, jadi naik dan turun di dekat rambu bus stop ini.

      Delete
  3. di terminal blok m nya di jalur berapa ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini di jalur 2 di terminal blok M

      Delete
  4. Mau nanya, klo turun di pondok labu upn itu sudah dekat dgn upn veteran??
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 500 meter dari Pasar Pondok Labu ke UPN Veteran, bisa jalan kaki, bisa juga naik angkot tapi kadang kelamaan ngetemnya.

      Delete
  5. kalo dr arah pondok labu bisa turun dimelawai ga sih? dan kalo dr arah blok m bisa naik dr lampu merah melawai ga?

    ReplyDelete
  6. Harap lihat peta dengan update terakhir rute ini di :
    https://www.trafi.com/id/jakarta/transjakarta/1e-transjakarta/pondok-labu-blok-m/JYEwVg1gRg+gjAUQH4EMC0UlaUA=

    Posisi real-time bus-bus yang sedang beroperasi / berjalan dapat dilihat dari arah blok M, atau sebaliknya dari arah Pondok Labu. Check arah bus dapat diganti dengan mengklik tombol dengan gambar 2 panah berbeda arah, di samping kanan tulisan 1E Pondok Labu - Blok M.

    Menurut peta tersebut, dari arah Pondok Labu, bus bisa berhenti dekat Melawai di depan hotel Amaris Panglima Polim, dekat pertigaan dengan jalan Sungai Sambas 6.

    Dapat dilihat juga, jika dari arah Blok M, bus hanya bisa mengambil penumpang di terminal Blok M. Tidak bisa berhenti di dekat Melawai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran untuk arah Blok M - Pondok Labu dari Melawai, bisa naik di Sungai Sambas 6 menuju Blok M. Lalu transit di rute sama tapi arah sebaliknya, menuju Pondok Labu. Dengan cara ini kemungkinan bisa dapat bus yang masih kosong di Blok M sehingga bisa duduk.

      Delete
  7. Klo pukul 5 pagi buswey pondok labu ke blokm udah ada blom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut jadwalnya sudah ada, tapi saya sendiri belum pernah naik bus jam 5 pagi.

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site