Matched Content

Thursday, January 18, 2024

Gergaji Rantai RYU Modifikasi Gerinda, Testing



Mesin gerinda tangan bertenaga listrik RYU tipe RSG100-3, diameter gerinda 4 inci atau 10 centimeter, berdaya 580 watt. Gerinda ini dapat dengan mudah dimodifikasi menjadi gergaji rantai. 

Dengan panjang bilah gergaji sekitar 25 centimeter, cocok digunakan untuk memotong ranting, dahan, cabang pohon. Dan pekerjaan memotong kayu lainnya dengan diameter kayu maximal sekitar 10 sampai 15 centimeter. Kerasnya kayu juga akan mempengaruhi proses penggergajian.

Beratnya cukup ringan dan ukurannya kompak. Sehingga mudah diangkat saat memanjat pohon, jika harus memotong di bagian atas pohon. Gergaji rantai ini cocok digunakan di ruang sempit. Di mana parang, golok, kampak, atau alat potong lainnya, tidak ada ruang untuk diayun saat menebas.

Kit modifikasi gerinda menjadi gergaji ini tersedia di pasaran dengan harga cukup terjangkau, sekitar 50% harga gerinda RYU yang baru. Komponen dan perlengkapan kit tersebut dapat dilihat di video berikut.


Agar dapat memotong kayu dengan baik, arah rantai gergaji harus dipasang sesuai foto berikut. 


Rantai gergaji bergerak dari kanan ke kiri, sesuai arah panah kuning.

Sebelum gergaji dioperasikan. Setel rantai agar tidak kedodoran, jangan sampai terlepas dari rel atau bilah gergaji. Kekencangan rantai dapat disetel dengan memutar kenob hijau, terlebih dulu kendurkan ke dua baut yang memegang bilah rel. Sebagaimana foto berikut.


Lalu bilah rel dikencangkan kembali kedua bautnya agar setelan tidak berubah. Kunci L (Allen key, hex key, inbus) disediakan oleh RYU.


Pastikan oli diisi setidaknya sampai setengah tangki. Oli tidak boleh kosong saat gerinda beroperasi. Bisa menggunakan oli bekas, dan oli tidak terlalu kental ataupun terlalu kotor. Oli harus dapat mengalir keluar melalui lubang kecil di samping dalam tangki. Saat rantai bergerak oli akan terhisap keluar. Sebagaimana dapat dilihat pada video berikut.


Saat digunakan, rantai gergaji tidak boleh kotor dengan tanah. Karena tanah akan lengket, menutupi gigi gergaji, sehingga akan gigi selip pada kayu dan tidak bisa memotong kayu. 

Jika terlalu sering tertutup tanah, gigi gergaji akan cepat tumpul. Tanah yang menempel juga akan menghambat gerakan rantai, sehingga kurang bertenaga. Konsumsi listrik jadi boros, motor listrik jadi panas. 

Segera bersihkan tanah dan kotoran lainnya. Biasanya akan terkumpul di sekitar roda gigi. Pembersihan bisa dilakukan dengan obeng kecil yang panjang.

Hindari lingkungan kerja yang berair. Karena gergaji digerakkan oleh motor listrik, yang dapat rusak jika terkena air. Air juga bisa menyebabkan operator gergaji tersengat listrik atau kesetrum.

Demi keselamatan, gunakan Alat Pelindung Diri (APD). Kaca mata atau masker pelindung wajah harus digunakan Agar mata dan wajah terhindar dari serpihan yang berterbangan. Sebaiknya juga menggunakan sarung tangan, dan pakaian yang cukup untuk melindungi tubuh.

Karena ringan dan ukurannya kompak, gergaji rantai RYU bisa dioperasikan dengan satu tangan. Tapi karena pertimbangan keselamatan, maka harus selalu dipegang dengan dua tangan.

Video berikut memperlihatkan gergaji ini memotong pangkal pohon.


Video tersebut tanpa narasi dan tanpa musik, agar suara gergaji terdengar jelas.

Kelemahan gergaji ini adalah kecepatan yang konstan, tidak bisa disesuaikan. Saklar On-Off terletak di belakang, sehingga agak sulit dimatikan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti jika gergaji terlepas dari genggaman saat gergaji masih bekerja (On). Hal ini bisa berbahaya. 

Misalnya saat sedang digunakan di atas pohon untuk mencukur dahan dan ranting pohon, dan operator harus memanjat pohon tersebut. Gergaji yang masih bekerja, terjatuh mengenai dan melukai operator, menyebabkan  operator  terjatuh dari pohon. Sehingga operator menderita luka yang parah, bahkan bisa fatal.

Colokan listrik pada kabel sambungan (extension), harus diposisikan agar dapat dengan mudah dicabut, atau mempunyai saklar On-Off. Jika gergaji terlepas saat masih hidup, maka dapat dimatikan dengan mudah. Paling aman jika pekerjaan dilakukan oleh dua orang. Sehingga ada orang yang mengawasi dan menolong operator jika ada masalah.

Jika dibandingkan dengan gergaji rantai orisinil yang bukan modifikasi. Gergaji orisinil kecepatannya dapat diatur. Tombol pengatur kecepatan (variable speed trigger) berada di pegangan, sehingga mudah diatur dengan sentuhan jari telunjuk. Jika pegangan terlepas dari genggaman tangan, maka gergaji akan langsung mati (Off).

Mur pengunci (lock nut) harus kuat terpasang. Supaya gigi rantai gergaji tidak terjepit di antara mur dan sprocket (roda gigi). Foto berikut memperlihatkan roda gigi dan mur pengunci yang sudah terpasang dan diberi pelumas oli.

Mur gerinda bisa dikencangkan dan dikendorkan dengan tang jepit (vise grip). Jika menggunakan alat garpu yang disediakan bersama gerinda, kadang garpu tersebut mudah bengkok.

Jika ulir mur sudah agak aus, ditandai dengan mur yang oblak, oleng ke kiri dan kanan saat kendur. Maka harus diganti dengan mur yang baru. Karena mur oblak akan mudah kendur walau sudah dikencangkan.

Karena umumnya gerinda tangan listrik 4 inci, mempunyai ukuran kepala pemutar cakram gerinda yang sama. Maka secara teoritis kit gergaji rantai  RYU ini dapat dipasang pada gerinda lainnya yang berukuran 4 inci juga.



No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site