Matched Content

Friday, July 21, 2023

Perkakas Mesin Amplas Sander Tekiro RYU

 


Plafon zaman sekarang lagi mode tipe polos dan rata, tanpa garis nat, kadang dibuat bertingkat. Material plafon yang populer saat ini adalah: gipsum, GRC, PVC, dan tripleks atau plywood.

Agar plafon rata dan mulus, tidak bergelombang  perlu didempul atau plamir dan kemudian diamplas. Mengamplas plafon cukup sulit, karena posisinya di atas kepala. Akan lebih mudah jika mengamplas plafon menggunakan mesin amplas.



Mesin amplas RYU berdaya 180 watt. Sangat mudah digunakan. Tapi ada kelemahan mesin amplas, yaitu tidak bisa digunakan pada bahan yang basah. Karena motor listriknya bisa konslet. Sehingga proses mengamplas menghasilkan banyak debu. Maka harus menggunakan masker menutupi mulut dan hidung, serta kacamata untuk melindungi mata. Akan lebih baik jika juga memakai pelindung wajah (face shield).

Sedangkan jika mengamplas sambil dibilas air, debunya tertangkap air. Biasanya kertas amplas yang basah bisa dibilas air dan lebih awet, daripada kertas amplas kering. Tapi karena harga kertas amplas cukup murah, maka biasanya biaya kertas amplas tidak menjadi pertimbangan.


Mesin RYU model ROS13-1A menggunakan amplas ukuran 180x90 mm. Untuk pekerjaan plafon sebagaimana foto, digunakan amplas kasar nomor 120. 

Bisa juga menggunakan amplas yang lebih kasar seperti amplas nomor 80, agar pekerjaan lebih cepat. Tapi beresiko bidang yang diamplas jadi terlalu tipis, habis atau botak dempulnya.


Amplas dengan ukuran  lebar 10 cm dipotong sepanjang sekitar 25 cm. Lalu dijepit kedua ujungnya. Pada foto di atas tampak tuas penjepit akan diputar dengan jari jempol ke posisi tertekuk ke dalam, posisi terkunci, karena amplas sudah terjepit. Amplas selebar 10 cm biasanya bisa dibeli dengan panjang meteran.

Selain untuk mengamplas plafon, mesin amplas ini juga bisa digunakan untuk: pintu, jendela, tembok dinding, keramik lantai dan kamar mandi, meja, rak, kabinet, bangku, dan berbagai bidang dengan permukaan yang lebar lainnya. Juga bisa digunakan untuk mengamplas bodi mobil yang lebar dan rata. Tapi tentu saja tidak cocok untuk permukaan yang banyak lekukan dan rumit bentuknya.

RYU Power Tools adalah brand atau merek yang berasal dari Jepang diproduksi oleh Tekiro Corporation.




No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site