Matched Content

Wednesday, September 21, 2022

Perekat Plastik Sederhana Tanpa Mesin Pres

 

Pada artikel dibahas cara menutup dan merekat kantong plastik tanpa menggunakan mesin pres pemanas. Cukup menggunakan alat rumah tangga yaitu: pisau dapur, dan setrika.


Menutup Kantong Plastik Pisau Dapur

Siapkan kantong plastik yang akan ditutup. Isi kantong plastik jangan sampai penuh, dan sisakan bagian mulut kantong plastik agar cukup untuk dipres.


Panaskan pisau dapur dengan kompor, cukup dengan api kecil.

Letakkan kantong plastik di atas alas yang tahan panas, sepertai talenan kayu, atau talenan batu marmer.


Tekan punggung pisau yang sudah panas, bukan sisi tajam pisau, di atas kantong plastik. Sambil pisau digerakkan mirip gerakan memotong atau menyayat.


Mulut kantong plastik akan tertutup. Bagian paling atas dari mulut akan putus terpotong. 


Menutup Kantong Plastik Dengan Setrika


Siapkan kantong plastik yang akan ditutup dengan dipres oleh setrika panas.


Potong alumunium foil sedikit lebih lebar dari kantong plastik mulut kantong plastik, dengan panjang sekitar 5 cm. 


Alumunium foil lalu dilipat. Fungsinya untuk melapisi kantong plastik agar tidak tersentuh langsung oleh setrika panas, sehingga lengket pada setrika.


Panaskan setrika dengan setelan untuk kain katun, atau hampir maximal.

Isi kantong plastik, tapi tidak sampai penuh ke mulut plastik. Sisakan setinggi sekitar 2-3 cm dari mulut kantong.


Lipat mulut kantong plastik sekitar 1 cm. Lapisi mulut kantong yang terlipat itu dengan alumunium foil, agar plastik tidak tersentuh langsung dengan setrika panas.


Letakkan di atas alas yang tahan panas seperti talenan kayu atau talenan batu marmer.


Tekan mulut kantong plastik yang sudah terlipat dan terlapis alumunium foil dengan setrika panas, selama sekitar 10-20 detik.

Angkat setrika, biarkan alumunium foil dan plastik dingin dengan sendirinya sekitar 10-20 detik. Saat dingin alumunium akan terkelupas dari plastik, sehingga dapat dipisah dari kantong plastik.



Cara ini lebih menjamin plastik tertutup dan merekat sempurna. Karena mulut plastik terlipat dan bagian yang menempel lebih luas.






2 comments:

  1. Sore mas heru. Mas saya mau tanya masih ada simpan ga mas perhitungan excel volume tangki elips horizontal dengan kemiringan tangki derajat tertentu Mas. Atau mas bisa bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya belum pernah mengalami tangki yang tidak ditempatkan pada posisi level. Semua tangki-tangki yang pernah saya awasi sudah dipastikan level dan stabil, dengan kaki-kaki atau pondasi harus diganjal batu, bata, kayu balok, besi, semen, dan lain-lain.

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site