Matched Content

Saturday, May 21, 2022

Televisi Digital Matrix Apple DVB T2

 


Sistem TV analog menggunakan gelombang elektromagnetik (gelombang radio) untuk transmisi sinyal video dan suara, dengan cara yang mirip dengan transmisi sinyal pada radio AM dan radio FM. Seperti sinyal radio, sinyal TV analog dapat mengalami banyak gangguan. Kualitas transmisi analog menurun jika semakin jauh dari sumbernya.

Sinyal TV digital ditransmisikan dalam paket data terkompresi. Data menggunakan bilangan binari 1 dan 0, mirip dengan data komputer, pemutar DVD, internet, dan perangkat digital lainnya. Karena menggunakan kode binari ini, sinyal digital lebih sedikit mengalami gangguan daripada sinyal TV analog. 

Siaran TV Indonesia selama ini adalah siaran analog. Pemerintah Indonesia sedang mengkampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program MODI ini ditargetkan selesai pada November 2022. 

Perangkat set top box (STB) disebut juga: dekoder, converter, receiver, penerima, pengubah sinyal, pengolah sinyal. Perangkat ini berfungsi mengolah sinyal siaran TV digital agar dapat ditampilkan pada TV analog, baik TV tabung maupun TV layar datar seperti plasma dan LED. Beberapa TV layar datar keluaran akhir sudah dapat mengolah sinyal digital, sehingga tidak perlu ditambah set top box.

Karena masih menggunakan gelombang radio sebagai wadah transmisi data, maka TV digital masih menggunakan antena. Antena TV lama, baik tipe VHF maupun UHFyang sudah ada, masih bisa digunakan. Tidak perlu menggunakan parabola, karena sinyal yang ditangkap bukan sinyal dari satelit. Jika menggunakan set top box, maka satu unit set top box untuk satu TV. 

Sama seperti siaran analog, siaran digital adalah gratis (FTA, free to air), tanpa perlu berlangganan. Khusus bagi warga tak mampu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membagikan set top box gratis. 

Matrix dikenal sebagai pembuat receiver parabola, kini mereka juga membuat set top box untuk menangkap siaran TV digital. Salah satu perangkat yang dibuat diberi nama Matrix Apple DVB T2 Merah, diklaim lebih peka terhadap sinyal dibanding perangkat yang lain. 

DVB T2 adalah kependekan dari Digital Video Broadcasting Second Generation Terrestrial, dapat diartikan sebagai Penyiaran Video Digital Generasi Kedua Terestrial (permukaan tanah, bukan satelit).

Matrix Apple Merah ini kotaknya yang ada warna merah, bodi perangkatnya berwarna hitam  keunggulannya antara lain:

- Penangkapan sinyal bagus

- Full HD 1080p - Gambar super tajam

- Memori 8 Mb

- USB 2 buah, satu untuk wifi dongle, satu lagi untuk memori flash disk

- Port HDMI atau koneksi HDTV yang umum digunakan pada TV saat ini

- Port RCA, koneksi terdiri dari 3 kabel coaxial untuk: video (CVBS), suara / audio kiri, dan audio kanan. Dapat dihubungkan ke TV tabung, atau TV lama lain yang umumnya menggunakan koneksi RCA. 


 
Penampakan bagian belakang Matrix Apple Merah, dari kiri ke kanan:

ANT IN untuk disambung pada antena. 

LOOP OUT disambung ke konektor antena IN pada TV, agar tetap dapat menerima siaran analog.

USB2.0 untuk memori eksternal (flash disk), bisa juga untuk wifi dongle, konektor USB lainnya terdapat di bagian muka, di bawah tulisan APPLE, sebagaimana tampak pada foto paling atas.

HDTV untuk disambung ke TV dengan kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) seperti di bawah ini. Kabel ini tidak tersedia di dalam box Matric Apple, harus dibeli terpisah.

CVBS (Composite Video Baseband Signal) adalah output sinyal video untuk TV dengan koneksi RCA warna kuning.

L-AUDIO adalah output sinyal suara kiri untuk TV dengan koneksi RCA warna putih.

R-AUDIO adalah output sinyal suara kanan untuk TV dengan koneksi RCA warna merah.

Kabel RCA untuk ke tiga koneksi di atas tersedia di dalam box Matrix Apple, tidak perlu dibeli terpisah.


Menu yang tersedia terlihat pada layar TV sebagaimana di bawah, dengan menekan tombol menu pada remot.



Menu Pencarian digunakan untuk mencari siaran digital, dengan terlebih dulu memasukkan kode pos di lokasi TV berada.

Jika dipilih aplikasi YouTube, maka akan muncul menu sederhana dari YouTube seperti berikut.


Lalu tekan kembali tombol menu pada remot, maka akan muncul menu YouTube yang lebih lengkap.



Seperti siaran luar negeri / internasional: Vevo, Top Gear, Arabs Got Talent, BBC, Ellen Show, Sky News, Al Jazeera, Bein Sport France, MBC, Arab Idol, OSN, Shahid VOD, CBC.

Pada menu aplikasi (APP) terdapat siaran internasional IPTV (Internet Protocol TV) seperti dari Arab, Rusia, Iran, WeTV, Facebook Game, Quran.

Tambahkan wifi dongle (antena dan penerima wifi) agar dapat menangkap siaran internet. Wifi dongle harus dibeli tersendiri dan dipasang ke konektor USB pada set top box.

Gunakan aplikasi MeeCast pada smartphone Android dan Apple, agar dapat menjelajah internet, menonton YouTube, TikTok, Vidio, Facebook, Instagram, dan lain-lain tanpa jeda iklan. Aplikasi MeeCast juga dapat digunakan sebagai remot untuk mengkontrol tayangan pada TV.


Penampakan layar smartphone dengan MeeCast yang terkoneksi melalui wifi dengan TV.

 


MeeCast dapat dimatikan saat TV sedang menayangkan siaran internet, agar menghemat quota internet. 

Jika TV dimatikan, maka STB juga harus dimatikan, paling tidak STB harus keluar dari menu internet. Agar quota internet tidak terserap STB, padahal TV tidak dinyalakan alias tidak ditonton.

Perangkat lunak pada STB perlu diperbaharui jika sudah tersedia versi terbaru, yang dicek via internet. Gunakan menu Upgrade untuk meningkatkan versinya. 

Matrix Apple Merah sudah bersertifikat SNI, sertifikat EWS dan Ditjen Postel. Lebih detail tentang STB dapat dibaca di matrixparabola.com .


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site