Matched Content

Tuesday, October 12, 2021

Indahnya Kembang Sepatu Dari Dekat, Hibiscus rosa-sinensis L

 


Kembang sepatu atau bunga raya atau mawar cina, adalah genus tanaman berbunga di keluarga mallow, Malvaceae. Genus ini terdiri dari beberapa ratus spesies yang berasal dari iklim hangat, subtropis, dan tropis di seluruh dunia.

Video YouTube di bawah memperlihatkan kelopak kembang sepatu Hibiscus rosa-sinensis L, putik dan benang sari. Dan juga stigma terlihat di latar depan. Video direkam dengan teknik makro (close-up) atau dengan jarak sangat dekat agar terlihat detail dan posisi setiap komponen-komponen bunga.

Di Jakarta, pada bulan Maret, kembang sepatu mekar mulai sekitar jam 4 sampai 6 pagi. Dan akan kuncup lagi sekitar jam 16, sampai jam 18  kelopaknya menutup habis.

Kembang sepatu tidak berbuah, karena kepala putiknya terlalu jauh dari kepala sari, sehingga serbuk sari tidak mencapai kepala sari maka penyerbukan tidak terjadi.

Teh kembang sepatu telah digunakan untuk menurunkan suhu tubuh, mengobati penyakit jantung, meredakan sakit tenggorokan, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.



No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site