Matched Content

Thursday, June 11, 2020

Pembasmi Nyamuk Mini Fogger Krisbow 2000G


Mesin fogging atau fogger ini praktis digunakan untuk pengasapan nyamuk, dan bisa masuk ke ruang sempit.

Mesin ini mempunyai 2 buah tangki. Tangki besar warna oranye adalah wadah cairan kimia pembasmi nyamuk dan serangga lainnya.

Tangki kecil warna putih semi transparan adalah botol air untuk membilas pipa pemanas. Cairan kimia pembasmi serangga dapat meninggalkan endapan di dalam pipa pemanas yang berbentuk spiral. Jika banyak endapan maka pipa jadi tersumbat, dan sulit membersihkannya karena bentuk spiral pipa.


Foto di atas adalah tampak samping kanan dari fogger Krisbow ini. Terlihat ada botol kecil semi transparan yang berisi air sabun pencuci piring warna hijau. Air sabun ini nantinya akan digunakan untuk membilas pipa segera setelah fogger selesai digunakan, agar mencegah endapan dari zat kimia menyumbat pipa.

Tangki oranye untuk menampung zat kimia pembasmi serangga (pestisida, insektisida). Kapasitas maximal 2 liter atau 2000 gram.

Tampak pada foto tabung gas atau kaleng gas masih belum terpasang. Tabung gas memang harus dilepas jika fogger tidak digunakan. Untuk mencegah kebocoran gas.

Pada sisi kanan fogger, tampak tombol merah pemantik bunga api listrik untuk menyalakan gas.  Jika tombol ini ditekan, maka timbul percikan api listrik di bawah pipa gas di moncong fogger, sehingga api gas akan menyala.

Kenob merah lainnya ada di belakang fogger, di atas tabung gas. Jika kenob merah ini diputar ke kiri akan membuka aliran gas. Semakin diputar ke kiri maka api gas akan semakin besar.



Foto di atas memperlihatkan sisi kiri fogger. Tampak tabung gas sudah terpasang di belakang figger. Moncong fogger sudah membara karena api gas. Fogger siap digunakan.

Perhatikan keran abu-abu disetel pada posisi vertikal, agar cairan bisa mengalir dari dalam tangki naik menuju moncong fogger

Pompa insektisida diaktifkan dengan meremas pegangan warna biru di atas fogger. Sehingga insektisida akan naik ke luar dari tangki oranye, lalu menguap di pipa pemanas spiral dan menyembur sebagai asap.


Pada foto di atas, botol air pembilas dibalik dan sedikit diremas agar air sabun keluar membilas pipa pemanas. Sebetulnya hal ini bisa dilakukan dengan pompa pembilas yang ada di belakang fogger. Tapi kadang pompa tersebut kurang efektif. Perhatikan keran abu-abu di samping kiri fogger, keran disetel pada posisi horizontal agar air sabun mengalir dari belakang fogger ke dalam pipa pemanas di moncong fogger.



Fogger juga dapat dibilas dengan air keran. Foto di atas memperlihatkan fogger dibilas dengan air keran. Botol kecil dilepas, lalu selangnya dihubungkan dengan keran air via selang oranye Terlihat di samping kiri fogger, keran abu-abu disetel pada posisi horizontal. Jika keran air dibuka, maka air keran akan mengalir ke dalam fogger, melalui selang kecil pembilas, pipa pemanas, dan keluar dari moncong fogger.

Pembilasan juga perlu dilakukan pada pipa vertikal di dalam tangki insektisida. Caranya dengan menyiapkan air dalam ember. Tangki insektisida dilepas.


Foto di atas memperlihatkan fogger dengan tangki insektisida yang sudah dilepas. Pipa vertikal dimana terdapat pompa insektisida, dicelup ke dalam ember air. Pompa insektisida lalu digerakkan agar air dari ember terpompa naik, lalu keluar melalui pipa pemanas di moncong fogger. Perhatikan bahwa posisi keran abu-abu disetel pada posisi vertikal.

Pembilasan harus segera dilakukan setelah fogger selesai pengasapan, jangan tunggu beberapa menit. Pastikan air bilas yang keluar dari moncong fogger  jernih, menandakan tidak ada insektisida yang tersisa. Agar mencegah endapan dari zat kimia menyumbat pipa fogger.

Dari pengalaman, biasanya fogger maximal bisa bekerja 1 jam. Lalu segera dibilas agar tidak banyak endapan di pipa pemanas. Selanjutnya fogger bisa digunakan 1 jam lagi. Konsumsi insektisida sekitar 1 liter per jam.








No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site