Thursday, December 5, 2019

Digital Akustik Tachometer Alat Aplikasi Android


Aplikasi Android ini dapat mengukur putaran per menit (Revolution Per Minute tachometer, RPM tach) dengan mendengarkan suara engine, sehingga dapat digolongkan sebagai non contact tachometer. Dapat diunduh di Google Play. dengan nama Acoustic Tachometer (RPM) yang dibuat oleh Javier Yáñez. Pada Samsung smartphone besarnya sekitar 11.17 megabyte. Saat ini aplikasi ini gratis.


Ditest dengan pintu mobil terbuka, ternyata hasilnya kurang akurat, sebagaimana tampak pada video YouTube di atas. Terutama pada putaran stasioner (langsam).

Baca juga cara menyambung kabel tachometer.

Dengan pintu tertutup, jendela tertutup, hasil pengukuran lebih akurat. Dan tentu saja tidak ada suara musik di dalam kabin. Sepertinya aplikasi ini mendeteksi suara dentuman engine saat pembakaran terjadi (power stroke). Kabin yang tenang akan memudahkan aplikasi untuk mendeteksi suara engine.

Saat dicoba diletakkan di atas kap depan, aplikasi tidak bisa mengukur dengan akurat. Kemungkinan karena suara mekanikal mengganggu aplikasi sehingga tidak dapat mendeteksi suara dentuman dari proses pembakaran. Suara mekanikal bisa berasal dari klep (valve), bantalan (bearing), kipas (fan), sabuk V (V belt), pelat yang bergetar, dan lain-lain.

Lebih detail tentang fungsi tachometer pada kendaraan.

Di dalam kabin suara mekanikal diredam oleh peredam suara. Sedangkan suara dentuman pembakaran walaupun lebih lemah, tapi masih terdengar jelas seperti suara derum.

Saat dicoba dengan mendekatkan ke lubang knalpot, aplikasi tidak bisa mengukur dengan akurat. Kemungkinan karena knalpot tersebut dari tipe senyap.

Menu pada aplikasi cukup mudah, sederhana namun fungsional. Setelan yang sering disesuaikan adalah:

  • tipe siklus engine (2 stroke, 4 stroke)
  • jumlah silinder, biasanya 1 untuk sepeda motor dan 4 untuk mobil.


Pada sepeda motor, smartphone harus didekatkan ke knalpot agar pengukuran lebih akurat. Mungkin karena lingkungan yang terbuka, dan suara mekanikal cukup kuat, sehingga aplikasi menjadi bingung dengan banyaknya suara yang tertangkap microphone.


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site