Thursday, November 21, 2019

Fungsi Dioda Laser, Sirkuit dan Simbol




Foto di atas memperlihatkan dioda laser kecil yang banyak tersedia di pasaran dengan harga murah. Kabel merah disambung ke positif dan kabel biru disambung ke negatif. Biasanya tegangan maximumnya sekitar 4,5 volt.

Dioda laser adalah termasuk perangkat dioda semikonduktor yang mirip dengan dioda pemancar cahaya (LED, Light Emitting Diode). Dioda laser dapat secara langsung mengubah energi listrik menjadi cahaya.

LASER merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation yang dapat diartikan sebagai cahaya yang dihasilkan dari emisi foton yang terstimulasi. Cahaya yang dihasilkan mempunyai fase, koherensi, dan panjang gelombang yang sama.

Cahaya laser memancar lurus, tidak menyebar seperti lampu biasa. Sehingga energinya terfokus dan menyebabkan cahaya laser mengandung panas yang tinggi. Karena cahaya yang terpancar lurus dan panasnya yang tinggi, karakteristik tersebut yang biasanya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam menerapkan teknologi laser.



Video YouTube tentang laser hijau yang menyalakan batu mulia, bejana kristal, memotong benang, dan menyulut korek api.

Jenis bahan semikonduktor menentukan panjang gelombang sinar yang dipancarkan, yang dalam dioda laser saat ini berkisar dengan spektrum cukup luas dari infra merah (Infra Red, IR) ke ultra ungu (Ultra Violet, UV). Fungsi dioda laser mencakup penunjuk laser, printer laser, mengukur jarak, kelurusan dan level, alat bidik, komunikasi serat optik, pembaca barcode, pembacaan / perekaman CD / DVD / Blu-ray disc, pengukir (engraver), laser pemotong, alat bedah, menghilangkan rambut dan bulu, menghapus tato, lampu disco, trik sulap, pertunjukan lampu sorot (laser beam show), dan lain-lain. Dengan penggunaan fosfor seperti pada LED putih, dioda laser dapat digunakan untuk penerangan umum, lampu sorot jauh, dan lain-lain.


Simbol dioda laser yang biasa digunakan pada skema rangkaian adalah sebagaimana gambar di atas. Kadang dilengkapi dengan garis lingkaran yang mengelilingi dioda. Pemasangan dioda pada rangkaian adalah sama dengan dioda penyearah, yaitu kaki anoda (A) disambung ke positif, dan kaki katoda disambung ke negatif (C).



Skema di atas adalah prinsip dasar sirkuit laser dioda (LD). Baterai (B) biasanya 4,5 volt atau tergantung spesifikasi dioda.


Foto di atas adalah laser dioda dengan 3 kaki, Biasanya kaki yang tengah adalah bodi, digunakan untuk memperkuat pemasangan (mounting). Koneksi pin bisa berbeda tergantung pabrikan.



Gantungan kunci dengan senter LED dan pointer dioda laser.


Foto di atas menunjukkan semua komponen laser pointer kecil setelah pembongkaran dengan menarik penutup depan. Kemudian semua komponen dapat ditarik keluar dari ujung depan dengan mudah. Ada dua tombol ditunjuk oleh panah merah. Tombol-tombol itu perlu ditekan ketika mengeluarkan komponen elektronik. 



Foto di atas adalah laser module sinar merah daya 5 milli watt 5 volt.


Foto di atas adalah kotak laser pointer FGH-303, tegangan 3.7 volt dan daya kurang dari 2000 mW panjang gelombang 532 nm (hijau). Dengan daya besar ini dapat menyalakan kepala korek api dari jarak sekitar 7 cm.



Laser hijau ini dapat disetel fokusnya, jika lensa tidak dijauhkan dari dioda maka sinarnya akan lebih lurus, dan titik terpanas sekitar 7 cm dari moncong.



Jika lensa dijauhkan dari dioda laser, maka titik fokusnya berada sekitar 8 cm dan menjadi lebih panas. Selanjutnya sinar akan lebih menyebar mirip senter, tidak lurus.



Video YouTube tentang laser yang digunakan untuk latihan menembak tanpa peluru.




Buku tentang cara membuat berbagai model pistol laser yang juga dapat digunakan sebagai laser pointer dapat diperoleh di Amazon. Tapi saat ini baru tersedia di negara-negara tertentu.


Harap gunakan dioda laser dengan bijaksana. Jangan diarahkan ke mata secara langsung maupun pantulannya, karena bisa membuat kerusakan permanen pada mata. Jangan diarahkan ke kendaraan. Jangan diarahkan ke langit, karena cahaya laser daya rendah dapat terlihat dan menjangkau jarak beberapa kilometer yang dapat mengganggu penerbangan.

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site