Matched Content

Sunday, January 28, 2018

Lampu Hias LED Mudah, Murah, Tanpa Solder, 3 Komponen



Video di bawah tentang cara merangkai 2 buah lampu LED tanpa disolder. Lampu LED ini dapat mengeluarkan sinar warna-warni: merah, hijau, biru (Red, Green, Blue = RGB).

Baca juga: LED kecil disuplai dengan tegangan 220 volt tanpa trafo.

Lihat gambar di bawah, gambar paling kiri adalah lambang LED. Di gambar tengah adalah tampak samping LED, terlihat mempunyai dua kaki yaitu: kaki panjang adalah anoda (A, positif) dan kaki pendek adalah katoda (C, negatif). Juga ada bagian yang lurus (F, flat) dari lingkaran rumah LED di dekat kaki negatif sebagai tanda kaki negatif tersebut, sebagaimana tampak pada gambar paling kanan.


Kedua LED dirangkai secara paralel, lihat skema di bawah.


Kaki-kakinya dibengkokkan dititik 1 cm dari pangkal. Kaki positif dikaitkan dengan kaki positif, dan kaki negatif dikaitkan dengan kaki negatif.



Lihat juga: cara membuat lampu kedip 220 volt yang dapat disetel.

Lalu sebuah baterai koin tipe CR2016 atau CR2032 diselipkan di antara kedua LED tersebut, maka kedua LED akan menyala. Pita isolasi dapat digunakan untuk memastikan sambungan kaki-kaki. Rangkaian kemudian dimasukkan ke dalam wadah dari kaca seperti gelas, vas, dan lain-lain, sehingga menjadi hiasan dekoratif yang memancarkan sinar warna-warni berkelap-kelip. Lebih jelas dapat dilihat pada video berikut.




Lihat artikel tentang: baterai indikator dengan LED.

Baterai CR2016 mempunyai diameter 20 mm dan tebal 1,6 mm, sedangkan baterai CR2032 mempunyai tebal 3,2 mm. Kedua baterai bertegangan 3 volt. Baterai yang lebih tebal mempunyai kapasitas yang lebih besar dan arus yang lebih kuat.



No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site