Thursday, May 31, 2018

Helikopter Polistirena Karton Terbang Lebih Jauh



Baling-baling helikopter sederhana dengan polistirena yang dibahas di artikel sebelumnya akan ditambahkan karton pada ujung bilah baling-balingnya. Tujuannya agar dapat terbang lebih jauh. Pada foto di atas terlihat ujung karton dicat berwarna merah.

Kertas karton yang digunakan adalah kertas gambar yang biasanya berukuran A3, bisa juga menggunakan kertas karton lainnya dengan tebal atau berat yang relatif sama.

Video berikut memperlihatkan helikopter dengan ujung baling-baling berwarna merah terbang lebih jauh daripada helikopter sederhana.



Pada slow motion video berikut terlihat jelas bahwa helikopter ini terbang dengan stabil dan mendarat mulus. Baling-baling masih berputar beberapa saat setelah mendarat di lantai. Mirip helikopter sebenarnya.


Sebagai perbandingan, video di bawah memperlihatkan helikopter polistirena sederhana tanpa karton merah saat diterbangkan.



Video berikut memperlihatkan prosedur pembuatan dan pemasangan karton pada ujung baling-baling helikopter.




Penjelasan prosedur tersebut juga dapat dibaca sebagaimana di bawah ini:


Siapkan selembar kertas karton. Karton bekas juga bisa, karena ukurnya yang dibutuhkan hanya kecil saja. Gambarkan segiempat berukuran:
20 x 30 mm dan 18 x 30 mm.

Kedua segiempat tersebut menyatu. sebagaimana foto di atas, sehingga ukuran totalnya adalah:
(20 + 18) x 30 mm = 38 x 30 mm.

Jumlah total segiempat ini adalah 4 buah, sesuai jumlah ujung bilah baling-baling.


Gunting sepanjang garis berukuran 20 + 18 mm, dan garis 30 mm.


Lipat kertas yang sudah dipotong pada garis tengah yang memisahkan bagian 20 mm dan bagian 18 mm.


Lipat bagian 20 mm secara simetri dengan mempertemukan ujungnya dengan garis tengah yang memisahkan bagian 20 mm dan bagian 18 mm.


Pertemukan ke dua ujung kertas, maka kertas akan terlipat membentuk sayap (airfoil). Tampak pada foto di atas penampang kertas membentuk segitiga, mirip bentuk sayap.


Lekatkan ke dua ujung kertas dengan pita perekat. Pastikan ke dua ujung kertas rapat, seperti terlihat pada foto di atas.


Tandai jarak 40 mm dari titik pusat baling-baling polistirena ke arah ujung baling-baling.


Pasangkan kertas karton ke ujung baling-baling, sampai sejauh tanda 40 mm dari titik pusat baling-baling.


Pasang kertas karton pada ke empat ujung bilah baling-baling. Agar baling-baling terbang dengan stabil dan mulus, pastikan semua kertas karton di ujung baling-baling bentuknya sama, dan jaraknya dari titik pusat juga harus sama. Maka baling-baling helikopter sudah siap diterbangkan.

Kertas karton bisa dicat agar tampak lebih menarik. Sebagaimana pada foto paling atas, kertas karton dicat merah agar tampak terlihat oleh kamera video.



No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site