Monday, May 21, 2018

Check Bantalan Roda Berisik Dengan Memutar Roda



Bantalan (bearing) roda yang sudah aus akan mengeluarkan suara berisik, mirip suara mendengung bahkan gemuruh. Kadang sulit menemukan roda mana yang bearingnya aus.


Salah satu cara menemukan roda yang bearingnya aus adalah dengan menggoyang roda dengan tangan. Dongkrak roda hingga ban tidak menyentuh tanah. Pegang bagian atas dan bawah ban (jam 12 dan jam 6) dengan tangan, lalu digoyang seperti panah pada gambar di atas. Jika roda bergerak (oblak) seperti mur roda longgar, maka kemungkinan bearing sudah aus.

Untuk roda belakang bisa juga dipegang pada posisi jam 9 dan jam 3. Tapi untuk roda depan di mana terdapat sistem kemudi, hasil test bisa rancu. Karena saat roda digoyang, maka kelonggaran pada sistem kemudi akan membuat test jadi rancu.

Tapi dalam kasus ini, tidak ada roda yang terasa longgar saat digoyang. Maka digunakan cara lain yaitu dengan memutar roda. Dengan terlebih dulu mendongkrak roda yang akan ditest sehingga tidak lagi menyentuh tanah.

Baca juga mengganti wheel bearing hub roda belakang.

Kendaraan yang ditest ini sistem penggeraknya adalah roda depan (Front Wheel Drive, FWD). Sehingga roda belakang dapat dengan mudah diputar dengan tangan. Hasil test menunjukkan bahwa roda kiri belakang sudah aus bearingnya sehingga berdengung.


Pada video di atas, suara bearing terdengar mendengung pada kecepatan sekitar 70 km per jam, sebelum diperbaiki. Kemudian suara mendengung hilang setelah diperbaiki, pada kecepatan yang sama.

Video juga memperlihatkan roda belakang kiri diputar dan mengeluarkan suara dengung, sebelum diperbaiki. Setelah diperbaiki suara dengung jadi hilang, dan putaran roda lebih lambat karena bearing baru yang lebih ketat.

Bearing roda saat ini juga dilengkapi dengan cincin magnet untuk mengetahui kecepatan roda pada sistem pengereman tak mengunci (Anti-lock Braking System, ABS). Dan banyak pabrikan yang membuat bearing jenis ini. Maka perlu cara praktis untuk mengetahui kekuatan cincin magnet sebelum membelinya. Video berikut memperlihatkan cara mudah test cincin magnet .



Terkadang suara dari ban juga bisa membuat bingung. Dengan cara mendongkrak ban, dan memutarnya dengan tangan, maka dapat dibedakan apakah suara berisik tersebut berasal dari ban atau dari bearing. Jika roda diputar tangan tidak berisik, berarti suara berisik berasal dari ban, bukan dari bearing.

Ban yang agak botak cenderung menimbulkan suara dengung. Untuk kendaraan sedan, memindahkan ban yang botak dari depan ke ban belakang bisa mengurangi suara dengung.

Sebagai tambahan, bearing roda depan juga dilengkapi dengan cincin magnet. Video berikut memperlihatkan cara lain untuk test cincin magnet.





No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site