Wednesday, November 28, 2018

Mekarnya Bunga Amaryllis Merah Hippeastrum Puniceum



Video ini terdiri dari beberapa foto saat amaryllis merah sedang mekar. Selanjutnya diikuti dengan rekaman video dari jarak dekat memperlihatkan bagian dalam dari mahkota (corolla) terdiri dari 6 helai (petal). Terlihat jelas kepala sari (antera), tangkai benang sari (filament), kepala putik (stigma), dan tangkai putik (style).


Menurut konsensus para ahli botani di tahun 1987, jenis ini bernama hippeastrum, bukan amaryllis. Dengan nama lengkap spesies hippeastrum puniceum. Tapi nama amaryllis sudah terlanjur terkenal.


Sebagaimana dapat dibaca di Wikipedia. Nama hippeastrum diberikan oleh William Herbert yang bermakna "Knight's-star-lily", mungkin bisa diartikan sebagai lily bintang ksatria. Selama bertahun-tahun ada kebingungan di kalangan para ahli botani atas nama generik amaryllis dan hippeastrum. Salah satu kesimpulannya adalah bahwa nama umum "amarilis" sebenarnya adalah genus hippeastrum, sering dijual sebagai umbi bunga dalam ruangan terutama pada Natal di belahan bumi utara. Pada November 2013 hippeastrum tercatat mempunyai 91 spesies. Biasanya yang harganya paling mahal adalah varietas double petal, bunganya berganda dalam satu kelopak sehingga mirip mawar.

Nama genus amaryllis berlaku untuk tanaman bunga dari Afrika Selatan, biasanya tumbuh di luar ruangan. Amaryllis relatif sulit beradaptasi daripada hippeastrum. Sejauh ini hanya dua spesies amaryllis yang tercatat yaitu: amaryllis belladonna dan amaryllis paradisicola

Amaryllis juga dikenal dengan nama: belladonna lily, jersey lily, naked lady, amarillo, easter lily di Australia selatan, march lily di Afrika Selatan.

Amarilis dan hippeastrum berada dalam subfamili yang sama yaitu amaryllidoideae.

Pada lingkungan tropis seperti di Jakarta, tanaman hippeastrum ini termasuk mudah untuk dipelihara, dan menyukai sinar matahari langsung agar rajin berbunga. Walaupun bisa hidup di tempat teduh, tapi akan sulit berbunga. Foto-foto bunga sedang mekar yang kemudian disatukan menjadi video, diambil mulai dari sekitar jam 7 pagi sampai jam 13 siang. Dengan selang waktu pengambilan foto setiap 10 menit.

Lihat juga mekarnya empat bunga amaryllis warna merah jambu.


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site