Friday, June 8, 2018

Bus Cinere Ke Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng



Mulai hari Selasa 5-Juni-2018 telah tersedia layanan transportasi bus dari Cinere Bellevue menuju bandar udara Soekarno-Hatta (SHIA, Soekarno-Hatta International Airport) di Cengkareng (CGK) dan sebaliknya. Sepertinya memang disiapkan agar dapat membantu mudik lebaran mulai Idul Fitri 2018 ini. Pada foto di atas tampak bus siap berangkat di teras Cinere Belleveu mall. Sedangkan pada foto di bawah, adalah bus lainnya yang sedang istirahat di halaman depan mall. English version click here.


Di siang hari saat lalu lintas ramai lancar, rute Cinere ke bandara Soetta ini dapat ditempuh selama 1,5 jam. Tapi di saat jam sibuk seperti pagi dan sore hari, maka waktu tempuh bisa mencapai 2,5 jam.

Jadwal bus dari Cinere tersedia mulai jam 02:30 pagi sampai jam 19:30 malam, berangkat setiap 1 jam sekali. Dari bandara Soekarno-Hatta bus tersedia mulai jam 05:00 sampai jam 23:00, juga berangkat setiap 1 jam sekali.


Tampak di foto di atas, dengan interior ber-AC bus memiliki kursi yang nyaman, WiFi, dan pengisi daya telepon (phone charger) atau stopkontak pengisi daya USB (USB charger outlet). Ini adalah standar bus terbaik.

Ongkos ticket bus saat ini adalah Rp 50.000,-  per penumpang untuk sekali jalan, ticket dapat dibeli di loket di teras Bellevue atau dibeli di kondektur di atas bus. Untuk sementara ini hanya menerima pembayaran cash, tidak bisa pakai kartu.




Bus Udara Transportasi Masa Depan saran solusi transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tanggerang, yang cepat, bebas macet dan banjir. Helikopter sebagai taxi udara sudah banyak diterapkan di kota-kota besar, tapi ongkosnya mahal. Helikopter Mil Mi 26 daya angkut 90 penumpang membuat ongkos ticketnya jadi terjangkau. Harga sewa per jam dibagi jumlah penumpang per jam maka didapat estimasi ticket Rp 200.000 Bogor-Jakarta, Rp 100.000 Depok-Jakarta.


Bus bandara ini berangkat dari Cinere Bellevue menuju jalan Punak dan melewati lapangan golf Pangkalan Jati, lewat pasar Pondok Labu, dan terus ke jalan Fatmawati.

Dari arah Cinere menuju bandara, bus hanya boleh berhenti satu kali yaitu di depan pos polisi di tikungan jalan Fatmawati menuju jalan RA Kartini. Titik ini adalah check point, dan bus boleh menaikkan penumpang di sini. Selanjutnya bus akan masuk ke jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau jalan tol Lingkar Luar dan menuju jalan tol bandara Profesor Sedyatmo.


Peta di atas menunjukkan dengan panah merah titik bus berhenti, sebelum bus masuk ke jalan tol.

Baca juga bus Transjakarta Pondok Labu ke Blok M lewat jalan Fatmawati.

Untuk rute dari bandara menuju Cinere, bus keluar tol JORR sebelum perempatan Fatmawati. Bus lewat di depan Cilandak Town Square (Citos), lalu memutar dan lewat di depan High Scope Indonesia School, selanjutnya menuju ke jalan Fatmawati.

Dari bandara, bus boleh berhenti di depan rumah sakit Fatmawati. Ada beberapa hotel dan penginapan di sekitar rumah sakit Fatmawati, di antaranya: Mercure Jakarta Simatupang (4-star hotel), Swiss-Belinn Hotel TB Simatupang Jakarta (3-star hotel),  Grand Whiz Poins Square Jakarta (4-star hotel). Kristal Hotel (4-star hotel), Park 5 Cilandak (3-star hotel), Midtown Residence Jakarta,  RedDoorz Plus near RS Fatmawati 2, Airy Syariah Cilandak KH Muhasyim Raya 50, Griya Lebak Bulus, dan lain-lain.

Bus juga boleh berhenti di depan One Belpark Mall Pondok Labu atau OBP. Di dekat sini ada Cozy Apartment at Aspen.

Selanjutnya bus menuju Cinere Bellevue Mall sebagai penghentian terakhir. Di sini terdapat 2 BR Cinere Bellevue Suites Apartment sering disebut juga Bellevue Apartments.



Bus ini ditandai dengan tulisan CINERE pada kaca jendela samping kiri, sehingga mudah diketahui saat menunggu bus di bandara. Bus dioperasikan oleh Hiba Utama.

Baca juga jadwal dan rute bus Damri bandara dari dan ke Soekarno Hatta (Soetta) di busbandara.com. Bus Damri menghubungkan bandara Soetta ke : Bandara Halim Perdanakusumah, Bekasi Timur, Bogor, Cibinong, Cikarang Jababeka, Karawang, Kemayoran, Mangga Dua Square, Pulo Gadung – Kota Harapan Indah, Purwakarta, Serang – Cilegon – Merak, Stasiun Gambir, Summarecon Bekasi, Supermal Karawaci, Terminal Blok M, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kayuringin (Bekasi Barat), Terminal Lebak Bulus, Terminal Pasar Minggu, Terminal Pulo Gebang, Terminal Rawamangun, Terminal Tanjung Priok, Thamrin City, WTC Serpong.

Transportasi murah dan cepat dari Jakarta ke Bogor via kereta rel listrik (KRL).

4 comments:

  1. ada info nomor telepon nya tidak ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau telpon bus Hiba Utama untuk rute ini saya kurang tahu. Tapi untuk telpon kantor Hiba Group +62 (21) 471 300 3 .
      Dan untuk telpon Cinere Bellevue adalah (021) 29403838

      Delete
  2. kalau di terminal 1B full nya dimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya bus stop / halte bus di terminal 1 soekarno hatta letaknya di tengah-tengah, yaitu di tengah terminal 1B.

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site