Thursday, March 22, 2018

Membuat Tiang Penanda Sudut Bumper Mobil



Desain mobil saat ini mengutamakan aerodinamika agar irit bahan bakar dan stabil pada kecepatan tinggi. Karena itu maka bagian muka mobil dibuat landai agar mudah menembus udara. Tapi sulit bagi pengemudi pemula untuk menduga jarak terhadap objek di dekat mobil. Terutama pada objek di dekat sudut terjauh di depan mobil. Sebagai contoh: sulit menduga jarak sepeda motor yang di dekat sudut kiri depan mobil, untuk mobil dengan sistem kemudi di sebelah kanan.

Maka dibutuhkan tiang (antena) penanda di sudut kiri depan bumper. Tiang ini dapat dengan mudah dan murah dibuat dengan lembaran plastik dan batang lem. Selanjutnya jika pengemudi sudah mahir, maka tiang dapat dengan mudah dilepas tanpa merusak cat mobil.

Video berikut memperlihat saat tiang diuji-coba di malam hari saat hujan gerimis, tiang tampak bersinar walau tidak dipasangi lampu di tiang tersebut.



Video berikut juga memperlihatkan cara pembuatan tiang ini.



Siapkan selembar plastik transparan dan sebatang lem sebagaimana foto di bawah.


Plastik yang berwarna merah biasanya cukup bagus dan kelihatan jelas di malam hari. Plastik ini biasanya digunakan untuk pelapis luar buku.


Gulung lembaran plastik tersebut. Gunakan jari kelingking untuk memutar dan menggulung dari dalam agar plastik tergulung mengecil diameternya dan menjadi ketat.


Gunakan batang lem untuk memutar dan menggulung lembaran plastik dari dalam. Sehingga gulungan plastik mengecil dan menggulung batang lem dengan ketat. Batang lem tersebut biasa digunakan sebagai lem dengan dipanasi (hot glue stick). Batang lem yang digunakan pada foto berdiameter 1 cm. Tapi bisa dipilih sesuai desain Anda. Jika terlalu kecil maka tidak bisa menempel kuat pada bumper.


Ikat gulungan dengan dengan lem atau pita isolasi. Jika sering terkena hujan dan akan dipakai jangka panjang, maka gunakan lem yang tahan air. Tiang ini bisa dibuat konis dengan ujung atas lebih kecil dari ujung bawah.


Potong batang lem sepanjang 5 cm atau sesuai kebutuhan.


Masukkan batang lem yang sudah dipotong ke dalam gulungan plastik, maka tiang antena penanda bumper sudah siap untuk dipasang.


Panaskan batang lem hingga agak meleleh dan lengket. Lalu tempelkan ke sudut terluar bumper.

Plastik transparan akan membuat tiang ini seperti mengeluarkan cahaya jika terkena sinar dari lampu besar. Karena sebagian sinar dari lampu besar akan masuk ke dalam tiang dan dipantulkan oleh dinding di dalam tiang. Sebagian sinar terpantul keluar kembali membuat tiang seperti mempunyai cahaya sendiri. Karena itu tiang ini masih terlihat jelas sekalipun saat hujan di malam hari.








2 comments:

  1. Blognya sangat bagus pak,tapi bagi saya yg suka otomotif agak kesulitan mencari artikel yg berhubungan dengan otomotif apabila tidak diberi indeks..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel otomotif bisa dibaca di label transportasi. Dulunya label lebih banyak sehingga lebih detail, tapi ternyata malah jadi membingungkan, dan sepertinya kadang label terputus / tidak komplit artikelnya jika koneksi internet lambat.

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site