Tuesday, February 13, 2018

Sepeda Motor Mainan Dari Gagang Es Krim



Sepeda motor mainan dapat dibuat dengan mudah di rumah, dengan hanya material rumah tangga yaitu: 2x buah tutup botol plastik, gagang atau stik es krim, baterai 9 volt, klip baterai, motor / dinamo, baut M3 dengan beberapa ring dan mur, dan karet gelang.

Video berikut memperlihatkan sepeda motor sesaat setelah selesai dirakit lalu ditest.



Tampak pada video sepeda motor ini berjalan cukup kencang, walau baterai yang digunakan tidak baru dan sudah berkali-kali dipakai untuk test.



Sebagaimana cuplikan video di atas. Pada detik ke 6 sampai ke 7 di video, sepeda motor berjalan lurus selama sekitar 1,1 detik, yang terlihat jelas saat video dipelankan (slow motion).

Jarak pada video dapat diestimasi dengan jumlah keramik lantai, di mana panjang 1 keramik adalah 30 cm, total 7 keramik, maka jarak adalah 30 x 7 = 210 cm.

Maka kecepatannya adalah 210/1,1 = 192,3 cm/detik = 6,9 km/jam

Baca juga mainan sains kapal dan kapal selam yang dapat berlayar dan menyelam seperti aslinya.



Tampak pada foto di atas bahan-bahan yang digunakan. Langkah pertama adalah membuat tanda di bagian tengah tutup botol dari plastik.

Tahap pertama dari prosedur pembuatan sepeda motor dapat juga dilihat di video:



Tahap kedua dari prosedur pembuatan sepeda motor dapat dilihat di video:



Foto-foto berikut memperlihatkan dan menjelaskan prosedur yang dilakukan.


Tampak pada foto di atas jangka sorong digunakan untuk menentukan titik tengah (center point) dari tutup botol. Dengan cara mengukur diameter luar tutup botol, lalu dibagi dua agar didapat titik tengah. Tutup botol harus lebih besar diameternya dari motor dc. Dan lebar bibirnya sedikit kurang dari lebar bodi motor. Bentuk bibir tutup botol tidak boleh tirus, harus silindris. Agar tutup botol bisa berjalan lurus saat digelindingkan.



Kemudian tutup botol dibor hingga tembus sebagaimana tampak pada foto di atas. Ukuran mata bor adalah sama dengan ukuran poros motor yaitu diameter 2 mm. Tutup botol ini akan menjadi roda belakang.


Motor diberi oli di bagian mukanya agar tidak bergesek dengan bagian dalam tutup botol. Oli tidak mengenai poros motor, agar tidak selip dengan tutup botol.


Di bagian dalam tutup botol diberi lem sedikit tepat di lubang tengahnya agar lengket dengan poros motor.


Pasang tutup botol ke motor dengan cara menekan motor ke dalam tutup botol, sampai poros motor tembus. Tampak bahwa lebar bodi motor sedikit lebih lebar dari lebar bibir tutup botol, sehingga bibir tutup botol tidak akan bergesek dengan rangka.

Motor ini biasa digunakan pada pemutar DVD, bertegangan sekitar 1-6 volt.. Diameter bodi motor 24,5 mm, tebal bodi motor 12,5 mm, diameter poros 2 mm, dan panjang poros 7 mm.



Tutup botol lalu diberi lem dari atas agar poros lebih kuat menempel pada tutup botol. Sebagai roda belakang, sambungan antara poros dengan tutup botol harus tahan terhadap daya yang besar dari motor.


Tutup botol sebagai roda belakang harus diberi anti slip pada lingkar luarnya, fungsinya mirip seperti karet pada ban. Anti slip yang digunakan adalah pita isolasi bening yang dililitkan beberapa kali.


Siapkan sebuah gagang kayu es krim, seperti dari es krim Magnum sebagaimana foto di atas.


Buat takik pada salah satu ujung agar motor. Takik bisa dibuat dengan menggunakan solder.


Takik berfungsi agar motor bisa terpasang rapi karena adanya tonjolan di bagian tengah motor.


Buat lubang berdiameter 3 mm di ujung lainnya agar dapat dimasuki oleh baut M3. Lubang juga dapat dibuat dengan solder. Lubang ini untuk pemasangan roda depan.


Klip baterai disolder kabelnya pada motor. Pastikan arah putaran motor agar sepeda motor bergerak maju, dengan roda belakang sebagai penggeraknya. Jika arah putaran terbalik, bisa juga dianggap sepeda motor mainan ini bergerak maju dengan roda depan sebagai penggeraknya, tidak dianggap bergerak mundur.


Foto di atas memperlihatkan komponen-komponen sebelum dirakit menjadi sepeda motor.


Motor dilem ke gagang es krim. Perhatikan sisi gagang es krim yang ditempel motor, karena akan menentukan apakah motor akan bergerak maju atau mundur.


Roda depan dipasang dengan baut M3 sepanjang 25 mm dengan memasang sekitar 18 buah ring diantara roda dan gagang es krim, agar roda depan tidak menyentuh gagang es krim. Panjang baut dan jumlah ring ditentukan oleh lebarnya bibir tutup botol. Baut roda diikat dengan 2x buah mur, yang mana mur yang satu akan mengunci mur yang lain atau disebut juga mur kontra. Roda depan dipasang di sisi gagang es krim yang sama dengan roda belakang.

Cara memasang mur kontra adalah, pasang dulu mur pertama sampai roda depan agak ketat jika diputar. Lalu kendorkan sedikit mur pertama tersebut sampai roda berputar bebas tapi tidak oblak. Kemudian pasang mur kedua sampai menyentuh mur pertama, dan kencangkan mur kedua sambil menahan mur pertama sehinga kedua mur saling mengunci. Mur juga dapat dilem ke baut agar tidak longgar.


Pasang baterai pada gagang es krim dengan mengikatnya dengan gelang karet. Posisi baterai pada gagang es krim adalah pada sisi yang sama dengan roda-roda, jika tidak maka sepeda motor tidak akan bisa berdiri tegak. Pastikan bagian bawah baterai tidak menyentuh lantai, agar sepeda motor dapat berjalan lancar.

Sepeda motor ini tidak dilengkapi dengan saklar, jadi saat klip dipasang pada baterai maka motornya akan langsung berputar. Untuk menghentikannya cukup dengan melepas klip dari baterainya.















2 comments:

  1. Thanks for sharing your thoughts on car care. Regards

    ReplyDelete
  2. wonderful publish, very informative. I'm wondering why the other specialists of this sector don't
    realize this. You must continue your writing.
    I am sure, you have a huge readers' base already!

    ReplyDelete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site