Matched Content

Thursday, January 25, 2018

Jakarta Bogor Naik Kereta KRL Commuterline


KRL di stasiun Lenteng Agung

Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline atau populer dengan sebutan kereta komuter dari Jakarta ke Bogor dengan ongkos Rp 6.000. Mulai Oktober 2016 tarifnya progresif tergantung jarak, 25 km pertama Rp 3.000 dan selanjutnya bertambah Rp 1.000 setiap 10 km. Dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)

Ada dua rute utama dari Jakarta ke Bogor, yaitu dari Jakarta Kota (Beos) ke Bogor, dan dari Jatinegara ke Bogor. Kedua rute dari bertemu di Manggarai. Sebagaimana dapat dibaca di peta rute KRL Commuterline di bawah ini.



Jika anda dari Manggarai menuju Bogor atau sebaliknya dari Bogor menuju Manggarai atau stasiun di antara keduanya seperti: Cawang, Pasar Minggu, Lenteng Agung, Pondok Cina, Depok; maka dapat menggunakan ke dua rute KRL tersebut (Jakarta Kota - Bogor, atau Jatinegara - Bogor).

Sebagaimana tercantum di halaman wikipedia, stasiun yang dilewati adalah: Jakarta Kota, Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gambir (tidak berhenti), Gondangdia, Cikini, Manggarai, Tebet, Cawang, Duren Kalibata, Pasar Minggu Baru, Pasar Minggu, Tanjung Barat, Lenteng Agung, Universitas Pancasila, Universitas Indonesia, Pondok Cina, Depok Baru, Depok, Pondokterong (non aktif), Citayam/Pabuaran (baru), Pabuaran (lama, non aktif), Susukan (non aktif), Bojong Gede, Cilebut, Kebonpedes (non aktif), Bogor

Stasiun Universitas Indonesia dekat dengan apartemen: Taman Melati Margonda, Evenciio Margonda.

Stasiun Pondok Cina biasanya banyak mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gunadarma kampus D. Stasiun ini juga dekat dengan Depok Town Square (Detos), Margocity, The Margo Hotel Depok (4 bintang), Hotel Bumi Wiyata Depok (3 bintang), dan Apartemen Margonda Residence.

Stasiun Depok Baru berdekatan dengan kantor BPJS Ketenagakerjaan Depok dan kantor BPJS Kesehatan Depok, dan kantor Walikota Depok.




Baca juga estimasi harga ticket helikopter sebagai angkutan masal Bus Udara, berdasarkan harga sewa yang dibagi dengan jumlah penumpang untuk jarak Bogor-Jakarta sekitar Rp 200 ribu, dan Depok-Jakarta sekitar Rp 100 ribu.

Stasiun Bogor di jalan Raya Dramaga



Menuju jalur kereta di stasiun Bogor

Stasiun kereta api Bogor berdekatan dengan kantor walikota, Istana Bogor (Bogor Palace), Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Gardens), Bank Biji, Museum Zoology.


Restoran di dalam stasiun Bogor


Restoran di dalam stasiun Bogor

Hotel di Bogor di dekat stasiun kereta di antaranya adalah: Hotel Mirah Sartika (2 bintang), Hotel Salak The Heritage (4 bintang), Sahira Butik Hotel (3 bintang), Royal Hotel Bogor (4 bintang), dan lain-lain.

Saya menggunakan e-Money dari Bank Mandiri untuk pembayaran, karena tidak perlu ke loket. Cukup menempelkan kartu di pintu putar untuk masuk peron, dan bebas turun di stasiun mana saja. Kartu akan di debet saat keluar dari peron stasiun. Kartu e-Money tersebut saya beli September 2016 seharga Rp 40 ribu sudah termasuk isi saldo senilai Rp 20 ribu. Kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar bus Transjakarta, membayar parkir, belanja di toko Indomaret dan Alfa Group, dan membayar jalan tol.

Stasiun Jakarta kota juga disebut stasiun Beos, kelurahan Pinangsia, kawasan Kota Tua, Jakarta. Dari Bogor ke Jakarta kota dapat ditempuh selama lebih kurang 1 jam 30 menit, kadang kereta harus mengantri beberapa menit saat masuk stasiun Manggarai.

Biasanya kereta penumpangnya agak berkurang di sekitar jam 9 sampai jam 15. Jika menuju Jakarta, penumpang banyak yang turun di stasiun Manggarai. Sehingga akan banyak kursi yang kosong dan hanya sedikit penumpang berdiri. Jika menuju Bogor, penumpang banyak turun di Depok.

Di jam sibuk penumpang sangat padat, sampai penuh sesak berdiri dan sulit untuk bergerak. Jika anda berada jauh dari pintu dan hendak turun, maka harus mulai bergerak mendekati pintu 1 stasiun sebelum kereta tiba di stasiun tujuan anda. Bergerak menuju pintu sambil memberi tahu penumpang lain bahwa anda akan turun di stasiun selanjutnya, agar mereka membuka jalan. Misal anda dari Tebet menuju Tanjung Barat: maka saat kereta sampai di Pasar Minggu, anda sudah harus bergerak mendekati pintu kereta. Begitu kereta tiba di Tanjung Barat, anda bisa dengan mudah keluar dari kereta.


Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota dekat dengan Taman Fatahillah atau Kota Tua, Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri.

Stasiun Jakarta Kota

Pada foto di atas tampak di sebelah kanan adanya beberapa ojek sepeda yang sedang diparkir. Di sekitar stasiun Jakarta kota terdapat pertokoan dan mal: Glodok, Harco, Mangga Dua, Pasar Pagi; yang menjual peralatan elektronik, mesin, baju, obat tradisional, dan lain-lain. Di dekat stasiun ada Wondeloft Hostel (2 bintang), Teduh Hostel (2 bintang),  Twins Hotel (2 bintang), Pinangsia Hotel, dan lain-lain. 

Di dalam stasiun Jakarta Kota









No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site