Matched Content

Tuesday, December 26, 2017

TransJakarta Rute Blok M - Pondok Labu



Notifikasi: per Maret 2018 rute ini tidak lagi mencapai UPN, tapi sampai pasar Pondok Labu saja, lalu kembali ke Blok M.

Selasa sore 26-Desember-2017 saya mencoba rute baru TransJakarta yakni rute 1E, dari Pondok Labu menuju Blok M. Rute ini mulai dicoba sejak Jumat 22-Desember-2017. Bus ini mangkal di jalan Jati Raya Timur, tepatnya di seberang pertigaan dengan jalan Damar Laut. Saya naik dari jalan Jati Raya Timur busnya kosong dan baru saja berjalan. Cuma ada supir dan kondektur wanita.berhijab, beliau adalah mahasiswi yang bekerja sambilan. Bus ini berangkat setiap 20 menit walaupun kosong.

Baca juga bus bandara Soekarno Hatta Cengkareng ke Cinere via jalan Fatmawati. Bus yang dioperasikan Hiba Utama ini ditandai dengan tulisan CINERE di kaca samping kiri sebagaimana foto di bawah, sehingga mudah dilihat saat antri di bandara Soetta (CGK). Click for English version.



Foto di bawah saat bus mangkal di jalan Jati Raya Timur, tembok di sebelah kiri adalah pembatas lapangan golf Pangkalan Jati, sedangkan jalan Damar Laut di sebelah kanan dan tidak terlihat di foto. Jalan Jati Raya Timur terbelah dua oleh jalur hijau yang tampak rimbun dengan pohon-pohon besar. Jika bus berjalan sekitar 550 meter ke depan dan berbelok ke kanan mengikuti jalan Jati Raya Timur, maka akan sampai di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Pondok Labu.



Di dekat Al-Izhar Pondok Labu naik seorang penumpang pria setengah baya. Jadi kami hanya berempat dalam bus ini termasuk para petugas. Sesampai di depan jalan Haji Nawi di seberang ITC Fatmawati naik 9 orang. Sehingga total ada 11 penumpang, dan semuanya termasuk saya kemudian turun di Blok M. Ongkosnya Rp 3.500 masih bisa dibayar cash, tapi sebaiknya pakai kartu.


Bus Udara Transportasi Masa Depan saran solusi transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tanggerang, yang cepat, bebas macet dan banjir. Helikopter Mil Mi 26 daya angkut 90 penumpang membuat ongkos ticketnya jadi terjangkau. Harga sewa per jam dibagi jumlah penumpang per jam maka didapat estimasi ticket Rp 200.000 Bogor-Jakarta, Rp 100.000 Depok-Jakarta.


Jam menunjukkan pukul 16:35 saat saya naik ke bus di jalan Jati Raya Timur, dan saat saya turun di terminal Blok M jam menunjukkan pukul 17:19. Jadi perjalanan sekitar 44 menit dari Pondok Labu menuju Blok M. Bus memang berjalan perlahan walau jalan tidak macet, mungkin karena masih kosong. Suasana jalan ramai lancar berhubung hari itu masih banyak orang yang libur. Foto di bawah memperlihatkan bus saat tiba di terminal Blok M.


Di terminal Blok M rute 1E ini bergabung satu jalur dengan TransJakarta rute Ciledug, Tendean, Manggarai yang mana banyak penumpangnya. Karena satu jalur maka mudah transit ke rute-rute tersebut dan tidak perlu bayar lagi.

Baca juga rute Blok M - Ciledug koridor 13 melewati jalan layang khusus TransJakarta (Elevated Bus Rapid Transit) sehingga sangat cepat karena bebas macet. Kendaraan lain tidak boleh lewat di jalan layang ini.

Jadwal pagi dimulai jam 5 dan di malam hari bus terakhir berangkat jam 22 dari Pondok Labu, sedangkan yang terakhir dari Blok M berangkat jam 21.

Jumlah kursi 10 di sebelah kiri menghadap kanan, 5 di belakang menghadap depan, dan 3 + 3 di sebelah kanan menghadap kiri, total ada 21 kursi. Seperti terlihat di foto di bawah.



Dari Blok M ke Pondok Labu saya naik Metro Mini 610 untuk membandingkan waktu tempuh. Metro Mini yang saya naiki kebetulan sudah cukup penuh, hampir semua kursi di kiri dan kanan terisi penumpang berjumlah sekitar 13 orang. Hanya menunggu sekitar 3 menit lalu bus berangkat pada pukul 17:50. Metro Mini tiba di Pondok Labu sekitar jam 18:35, atau sekitar 45 menit perjalanan. Jadi lebih kurang sama dengan waktu tempuh dengan Transjakarta. Tapi tentu saja Transjakarta jauh lebih nyaman karena berpendingin udara dan bersih.

Baca juga dari transportasi murah dan cepat dari Jakarta ke Bogor naik kereta rel listrik (KRL) yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) yang merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)..

Peta rute 1E dapat di lihat di bawah sebagaimana diunduh dari Facebook Forum Diskusi Transportasi Jakarta.


Peta juga dapat dilihat di situs TransJakarta.co.id. Secara umum bus ini mengikuti jalan Pondok Labu Raya, jalan Rumah Sakit Fatmawati dan jalan Panglima Polim Raya.

Foto di bawah adalah tanda terima setelah bus saya bayar tunai.



Lihat video pemandangan yang indah saat naik kereta Mass Rapid Transit (MRT) rute Lebak Bulus sampai Bunderan Hotel Indonesia Jakarta. Foto di bawah tampak kereta MRT saat baru tiba di stasiun Lebak Bulus. Rute transjakarta ini bersinggungan dengan rute MRT di stasiun Cipete Raya. Beberapa stasiun MRT lainnya berdekatan dengan bus stop rute ini yaitu stasiun: Fatmawati, Haji Nawi, Blok A dan Blok M.



Foto di bawah diambil Februari 2019, sudah ada bus besar dengan lantai rendah (lower deck) untuk rute Pondok Labu - Blok M ini. Tampak dua bus besar sedang parkir di depan taman DDN Pondok Labu (Departemen Dalam Negeri). Lower deck bertujuan untuk mempermudah penyandang disabilitas masuk ke dalam bus, karena lantai yang rendah dekat dengan trotoar.



Baca juga uji coba publik Light Rail Transit RLT Jakarta Kelapa Gading - Rawamangun.





38 comments:

  1. terima kasih Mas Heru, sangat informatif

    ReplyDelete
  2. kalau trans jakarta yg rute blok m pondok labu lewat fatmawati, boleh naik dan turunnya dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ini belum ada halte khusus, boleh naik ditempat aman dan tidak menggangu lalu-lintas, dan tidak dekat sesama angkutan lain bertrayek serupa. Untuk tempat turun akan dipandu oleh awak bus.

      Delete
    2. Sudah banyak rambu-rambu bus stop dipasang, ada tulisan Bus Pengumpan Transjakarta, jadi naik dan turun di dekat rambu bus stop ini.

      Delete
  3. di terminal blok m nya di jalur berapa ya? terima kasih

    ReplyDelete
  4. Mau nanya, klo turun di pondok labu upn itu sudah dekat dgn upn veteran??
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 500 meter dari Pasar Pondok Labu ke UPN Veteran, bisa jalan kaki, bisa juga naik angkot tapi kadang kelamaan ngetemnya.

      Delete
  5. kalo dr arah pondok labu bisa turun dimelawai ga sih? dan kalo dr arah blok m bisa naik dr lampu merah melawai ga?

    ReplyDelete
  6. Harap lihat peta dengan update terakhir rute ini di :
    https://www.trafi.com/id/jakarta/transjakarta/1e-transjakarta/pondok-labu-blok-m/JYEwVg1gRg+gjAUQH4EMC0UlaUA=

    Posisi real-time bus-bus yang sedang beroperasi / berjalan dapat dilihat dari arah blok M, atau sebaliknya dari arah Pondok Labu. Check arah bus dapat diganti dengan mengklik tombol dengan gambar 2 panah berbeda arah, di samping kanan tulisan 1E Pondok Labu - Blok M.

    Menurut peta tersebut, dari arah Pondok Labu, bus bisa berhenti dekat Melawai di depan hotel Amaris Panglima Polim, dekat pertigaan dengan jalan Sungai Sambas 6.

    Dapat dilihat juga, jika dari arah Blok M, bus hanya bisa mengambil penumpang di terminal Blok M. Tidak bisa berhenti di dekat Melawai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran untuk arah Blok M - Pondok Labu dari Melawai, bisa naik di Sungai Sambas 6 menuju Blok M. Lalu transit di rute sama tapi arah sebaliknya, menuju Pondok Labu. Dengan cara ini kemungkinan bisa dapat bus yang masih kosong di Blok M sehingga bisa duduk.

      Delete
  7. Klo pukul 5 pagi buswey pondok labu ke blokm udah ada blom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut jadwalnya sudah ada, tapi saya sendiri belum pernah naik bus jam 5 pagi.

      Delete
  8. apakah ada bus pengumpan yg lewat jalan arah itc fatmawati, tepatnya di bawah stasiun mrt yg sedang di bangun?
    soalnya saya kalo ingin naik dari arah itc fatmawati menuju blok m selalu gak ada padahal ada bus stop nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bus stop dekat ITC Fatmawati posisinya di depan / di seberang Duta Mas Fatmawati, jika ke arah Blok M posisinya sesudah lampu merah jalan haji Nawi Raya. Coba pastikan apakah bus stop Anda tersebut memang untuk pengumpan transjakarta, atau bus stop untuk OK Otrip.

      Delete
  9. kl dr pd labu naik busway mau ke bundaran senayan transit dmn dan naik busway apalgi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transit di blok M, nanti bisa naik yang ke arah Kota (Glodok), juga ada beberapa rute lain dari blok M yang lewat bundaran Senayan

      Delete
    2. Transit di blok m, bayar lagi atau engga ?

      Delete
    3. Transit di blok M tidak bayar lagi, selama tidak keluar dari jalur koridor. Tanyakan ke petugas atau kondektur, karena bisa bingung dan salah jalan di terminal blok M dan akhirnya terlanjur keluar dari koridor.

      Delete
  10. Kalau dari pondoklabu mau ke pacific place..naik busway arah blok m..trs dri blok m nya ada busway yg lewatin pacific place ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya belum ada yang lewat tepat di Pacific Place. Dari blok M turun di Gelora Bung Karno (GBK) pintu 7.

      Delete
  11. Kalo dari harmoni mau ke itc fatmawati naik apa, dan trun dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Harmoni naik bus yang ke arah Blok M, di Blok M transit ke bus ke Pondok Labu. Bisa turun di bus stop dekat ITC Fatmawati.

      Delete
  12. Kalo mau naik dari taman ddn pondk labu turun di plaza blok m bsa ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, karena bus ini dari Pondok Labu lewat jalan Bulungan, persis di sebelah Blok M Plaza. Setelah bus lewat lampu merah di jalan Panglima Polim Raya.

      Delete
  13. Sy dr kota mau ke Onebellpark minta petunjuknya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Jakarta Kota (Beos, Glodok) bisa menuju Blok M, terus transit ke jurusan Pondok Labu. Setelah melewati rumah sakit Fatmawati, dan pertigaan Dapur Susu (Dapsus), lalu turun tepat di depan One Belpark.

      Delete
  14. Trans j ada yg lewat kampus upn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya rute ini lewat depan UPN Pondok Labu, tapi sekarang tidak lagi. Cuma lewat pasar Pondok Labu.

      Delete
  15. Minta info Rute bus yg lewat SMP 240 dari perempatan lampu merah H Nawi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba rute bis MR5, kalu berangkat kayaknya harus memutar, rute ini berangkat dari jalan Fatmawati, Stasiun MRT Blok A dan berakhir di Stasiun MRT Blok A.
      Lewat: Stasiun MRT Blok A Petogogan, Pasar Keramik Panglima Polim 1, Jalan Kramat Pela, Antene 3, Spi LPP RRI, Jalan KRI Harimau, Gang Langgar, STMIK Jakarta, Jalan H. Zainuddin, SMPN 240 1, Jalan H. Ahmad, Griya Haji Nawi, SMPN 240 Jalan Haji Raya, Seberang Yayasan Pangudi Luhur, Jalan H. Nawi Raya, Jalan Gotong Royong, Stasiun MRT Blok A

      Delete
    2. alternatif lain naik rute JS01A, angkot APB (Angkutan Pengganti Bemo), lewat depan SMPN 240 tapi tidak lewat jalan Fatmawati. Rutenya adalah: Sambas, Jl. Kramat Pela, Jalan Jembatan Utara Selatan, Jl. Lobak Petogogan 2, Jl. Pete 4, Jl. Kubis 2, SDN Gandaria Utara, Pasar Bunga, Jl. Hidup Baru, Jl. Hidup Baru 4, Jl. Haji Nawi Raya, Jl. H. Syaip, Pondok Pesantren Miftahul Ulum, SDN 03 Pagi, Jl. Kober, Jl. Wahyu, Jl. Poncol, Jl. Bahari, Jl. Terogong 3, Jl. Caringin Timur 1, SMP Negeri 86, Gg. Lisin, Cilandak

      Delete
  16. Bis yg lwt smp pl dari ps.pondok lalu ada tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dimaksud SMP Pangudi Luhur (Pangudi Luhur Junior High School)? Bus ini tidak lewat jalan Haji Nawi, tapi bisa turun di lampu merah perempatan ITC Fatmawati, sekitar 150 meter dari SMP.

      Delete
  17. Mau nanya dong kak misal kalau mau ke pondok labu upn veteran itu dari ciledug turun dimana ya? Trus harus naik apalagi ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Ciledug ke Blok M, transit ke rute 1E Pondok Labu, turun di akhir rute di taman DDN. Terus naik angkot ke UPN, ada beberapa angkot arah Cinere yang lewat UPN dari taman DDN, salah satunya D61

      Delete
  18. Kalo dari halte depan SMA 70 ke pondok labu, perlu transit ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasar rute yang berlaku sekarang, dari SMAN 70 Bulungan harus menuju Blok M, terus transit menuju Pondok Labu

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site